Tanggal : 09/28/2021, 13:57:21, dibaca 1183 kali.

Juara Lomba Pioneering Saka Wira Kartika



Lomba Pioneering di masa pandemi tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 25 September 2021. Even ini diselenggarakan oleh Kodim 0714 dengan peserta SMP / MTs dan SMA / SMK / MA se-Kota Salatiga dan sekitarnya. Peserta membuat pioneering gubug dengan kriteria penilaian ketepatan simpul, kerapian simpul, kesesuaian tongkat dan kekuatan pioneering.
Pioneering adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, misalnya bangunan kreatif, tandu, menara pandang kaki tiga, menara segitiga terbalik, menara kaki empat, dan alat-alat lainnya.



Pada materi kepramukaan tali temali perlu dibedakan beberapa istilah yaitu tali, simpul dan ikatan. Tali adalah bendanya, simpul adalah hubungan antara tali dengan tali, sedangkan ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu dan sebagainya. Penerapan keterampilan penggunaan tali temali dan tongkat diantaranya dalam ajang adu kreativitas pioneering.



Para siswa SMK Negeri 2 Salatiga yang tergabung dalam tim pioneering baru berhasil meraih kategori tim tergiat ketiga dari 15 peserta karena keterbatasan latihan di masa pandemi ini. Selamat dan sukses selalu.