Tanggal : 04/22/2022, 21:32:32, dibaca 416 kali.

Ngaji Bareng Jumat Pagi


SMKN 2 SALATIGA mengadakan kajian Jumat Pagi (22/4/2022), sebagai pengganti kegiatan Apel Pagi.
Kajian ini di ikuti oleh Kelas X dan XI dengan pemateri Bapak Rahmat, S.Pd dengan tema menggapai kemuliaan malam Lailatul Qadar.
Malam lailatul qodar merupakan malam istimewa, malam yang dianugerahkan kepada Umatnya Nabi Muhammad SAW. sebagai hadiah yang Namanya termaktub dalam Al- Quran.
Terkait kemuliaan dan keistimewaan Malam laulatul Qodar sudah dijelaskan Allah dalam al- Quran surah al Qodr ayat 1-5.
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ
لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ
تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ
سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya:
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Qadar."
"Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?"
"Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan."
"Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan."
Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."
Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa malam lailatul Qodar memiliki beberapa kemuliaan.
Pertama, malam diturunkannya Al- Qur’an. Tidak bisa dipungkiri bahwa malam lailatul Qodar merupakan malam yang begitu istimewa dikarenakan pada malam inilah Allah menurunkan Al- Qur’an untuk kali pertama melalui malaikat Jibril di gua hiro’.
Lantaran Al- Qur’an merupakan Kalamullah yang mulia maka malam lailatul Qodar menjadi begitu istimewa bagi umatnya Nabi Muhammad untuk berburu keberkahan.
Kedua, merupakan malam yang lebih baik daipada seribu bulan. Hal ini dilatar belakangi dengan kesedihan Nabi Muhammad dikarenakan Umur umatnya tidak jauh sekitar 63 tahun yang sangat berbeda jauh dengan umat-umat terdahulu yang menjadikan amal yang dilakukan oleh mereka jauh lebih banyak dibandingkan dengan umatnya Nabi Muhammad SAW. Kemudian Allah menurunkan Durat Al- Qodr ini untuk menjawab kesedihan Nabi Muhammad SAW.
Ketiga, malam lailatul Qodar merupakan malam diturunkannya para malaikat Bersama malaikat Jibril untuk segala urusan. Malam yang membawa begitu banyak keberkahan yang Allah turunkan kepada para hamba-Nya dengan penuh kasih sayang.
Keempat, malam ditetapkannya Takdir oleh Allah SWT. malam lailatul Qodar merupakan malam ditetapkanya takdir tahunan untuk umat manusia. Karena itu, seyogyanya kita sebagai hamba selalu berdoa untuk memperoleh hal-hal kebaikan.
Kelima, malam diampuninya dosa-dosa. Malam yang begitu penuh keberkahan yang Allah limpahkan kepada para hamba-hamba-Nya. Allah akan mengapuni dosa hamba-hamba-Nya kecuali 4 golongan:
Pertama, orang yang minum khamr, kedua orang yang durhaka kepada orang tua, ketiga orang yang memutus tali silaturrohim, keempat orang yang mendiamkan (bertengkar) saudaranya lebih dari 3 hari.
Begitu banyak anugerah yang Allah limpahkan dari malam lailatul Qodar, untuk itu alangkah baiknya sebagai seorang hamba kkita selaku berupaya mengoptimalkan ikhtiar kita dalam menggapai keberkahan malam lailatul Qodar.
Terdapat beberapa upaya yang dapat kita lakukan dalam mengisi malam lailatul Qodar, diantaranya:
1) Memperbanyak berdoa kepada Allah
2) Memperbanyak membaca sholawat
3) Mendirikan sholat sunah
4) Memperbanyak berdzikir kepada Allah SWT
5) Melaksanakan sholat isya’ dan subuh berjamaah
6) Memperbanyak membaca Al- Qur’an dan melakukan amal kebaikan yang lain
malam lailatul Qodar disamping memiliki begitu banyak keistimewaan juga menyimpan sejuta misteri.
Apakah malam lailatul Qodar itu? Lantas bagaimana supaya dapat berjumpa dengan malam malam lailatul Qodar? Jika merujuk pada Al- Qur’an surah al- Qodr ayat 1 kita bisa mengetahi bahwa malam lailatul Qodar merupakan malam diturunkannya Al- Qur’an sedangkan Al- Qur’an sendiri diturunkan Allah secara berkala selama kurang lebih 23 tahun.
Lantas bagaimana kita menyikapi hadis Nabi yang mengatakan kita disuruh mencari malam lailatul Qodar di sepertiga terakhir bulan Ramadhan? Lantas apakah kita cukup bersantai diawal Ramadhan dan bersungguh-sungguh disepertiga terakhir? Tentu tidak, Tugas kita hanyalah berupaya sebaik mungkin dengan mengisi bulan Yang penuh keberkahan ini mulai dari tanggal 1 Ramadhon hingga hari terakhir di bulan ramadhon. Karena kita tidak tau kapan Allah menurunkan malam lailatul Qodar ini. Maka alangkah baiknya jika kita selalu mengisi Ramadhan ini dengan amal-amal kebaikan serta selalu mengoptimalkan ibadah kita baik ibadah wajib maupun ibadah sunah.
Semoga kita semua dapat menggapai keberkahan bulan Ramadhan, memperoleh kemuliaan malam lailatul Qodar ini serta Semoga kita senantiasa dalam lindungan dan ridho Allah SWT mampu melewati bulan Ramadhan ini dengan penuh keberkahan. Dan semoga kita senantias dijauhkan dari golongan orang-orang yang merugi orang-orang yang melewatkan bulan Ramadhan tanpa keberkahan didalamnya.