Tanggal : 05/27/2022, 14:27:38, dibaca 572 kali.

Jumat Berkah di Masjid Baiturrohim


Sholat Jumat menjadi bagian dari pembelajaran akhlak dan pembentukan karakter positif siswa serta penguatan profil pelajar Pancasila. Saat berlangsungnya sholat Jumat berangkaian dengan khutbah, siswa menyimak dan mengambil hikmah serta pesan-pesan nasihat bapak guru yang bertindak sebagai khotib. Sedangkan siswa non-muslim berdoa dan beribadah di ruang agama bersama bapak ibu guru pendamping mereka.

Sebelum pelaksanaan sholat Jumat, siswa dikondisikan untuk selalu disiplin bersiap seawal mungkin hadir di dalam masjid sementara beberapa siswa yang tergabung di kegiatan ekstra keagamaan SKI bertanggung jawab mengatur jadwal bertugas dan giliran dalam menyiapkan pelaksanaan sholat termasuk muadzin, bilal, dan petugas kebersihan.

Selesai sholat bagi sebagian jamaah siswa dapat menikmati rezeki jumat berkah berupa makan siang yang dikelola bapak ibu guru melalui takmir masjid. Siswa sekaligus belajar antri dan tertib mengambil rezeki jumat berkah dan kelak akan memahami dan menyadari makna kebahagiaan sejati dalam ibadah dengan berbagi memberikan kebahagiaan bagi orang lain.